Minggu, 18 September 2016

Contoh Soal SBMPTN 2013/2014



Bacaan berikut digunakan untuk menjawab sola nomor 16 dan 17.
Salah satu sumber energi yang agak permanen adalah geotermal, yaitu energi panas yang dihasilkan dari perut bumi. Jauh di bawah permukaan bumi terdapat sumber panas yang sangat tinggi sehingga semua batuan, bahkan semua benda berubah menjadi cair. Batuan cair yang bersuhu timggi tersebut dinamakan magma. Magma selalu memanasi kerak bumi sehingga temperatur lapisan kulit keras baja (25 sampai dengan 50 km) sekitar 200-1.000 derajat celcius. Sementara itu, pada pusat bumi (6.378 km) temperatur berkisar antara 3.500-4.500 derajat celcius.
1. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi bacaan di atas adalah....
A.    Semakin rendah posisi suatu tempat, semakin rendah pula suhu udaanya.
B.     Semakin rendah posisi suatu tempat, semakin sejuk udaranya.
C.      Suhu udara di pegunungan lebih panas daripada di daerah pantai.
D.     Pada kedalaman 10 meter, orang akan merasakan suhu udara yang panas.
E.      Ketika mendekati pusat bumi, magma akan menjadi kerak bumi.
Jawaba : D
Pembahasan : Pernyataan adalah ungkapan atau ekspresi seseorang yang dapat berupa komentar atau tanggapan terhadap sesuatu. Sebelum membuat sebuah pernyataan, kita harus mengetahui isi sumber energi dahulu. Dalam bacaan tentang sumber energi geotermal kita dapat menemukan beberapa fakta yang dapat diambil sebuah pernyataan. Salah satunya adalah bahwa pada kedalaman 10 meter, orang aka merasakan suhu udara yang panas. Karena jauh di bawah permukaan bumi terdapat geotermal yang dapat membuat semua batuan menjadi cair. Semakin ke bawah, semakin panas karena mendekati suhu magma.
SBMPTN 2013/2014

2. Ide pokok bacaan di atas adalah....
A.    Energi geotermal
B.     Energi panas perut bumi
C.     Sumber panas bumi
D.    Magma
E.     Pusat bumi
Jawaban :  A
Pembahasan : Ide pokok adalah gagasan utama sebuah paragraf. Ide pokok terletak dalam kalimat utama. Kalimat utama dapat terletak pada awal paragraf (deduktif), akhir (induktif), atau awal dan akhir (campuran). Ide pokok menggunakan kata-kata umum. Sebuah ide pokok membawahi ide-ide yang didalamnya terdapat penjelasan atau kata khusus dari kata umum yang terdapat dalam ide pokok. Ide pokok bacaan di atas adalah energi geotermal.

SBMPTN 2013/2014

3. Penanganan masalah pendidikan di antaranya ditempuh dengan membangun SD kecil untuk melayani kebutuhan pendidikan di daerah terpencil yang dilakukan pada pelita V, di samping SD reguler di wilayah-wilayah yang padat penduduk.
Ejaan pada kalimat di atas menjadi benar jika diperbaiki dengan cara....
A.    Menulis kata diantaranya menjadi di antaranya
B.     Menulis kata pelita V menjadi PELITA V
C.     Menghilangkan tanda koma (,) setelah kata pelita V
D.    Menulis kata di samping menjadi di samping menjadi disamping
E.     Menulis kata di samping menjadi reguler
Jawaban : A
Pembahasan : Ejaan adalah kadah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat) dalam bentuk tulisan serta penggunaan tanda baca. Ejaan yang benar adalah menulis kata diantaranya menjadi di antaranya. Penulisan di sebagai kata depan harusnya dipisah dari kata setelahnya. Di pada kata di antaranya bukan imbuhan melainkan kata depan. Kata –nya adalah kata ganti milik orang ketiga, -nya bukan imbuhan.
  SBMPTN 2013/2014

4. Penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif) pada remaja dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah lemahnya hubungan dalam lingkungan keluarga. Pengasuhan orang tua dan monitoring disiplin yang tidak efektif, serta komukasi yang kurang juga memicu munculnya masalah penggunaan obat. Faktor-faktor risiko dalam keluarga juga bisa memicu munculnya sumber kerentanan remaja untk mencoba melarikan diri dari masalah dengan menyalahgunakan NAPZA.
Simpulan yang tepat untuk paragraf di atas adalah....
A.    Pengasuhan orang tua memengaruhi perilaku anak
B.     Penyalahgunaan NAPZA berbahaya di kalangan remaja
C.     Usia remaja rentan terhadap pengaruh narkoba
D.    Penyalahgunaan NAPZA di kalangan remaja harus ditanggulangi
E.     Jumlah pengguna NAPZA di kalangan meningkat
Jawababan : A
Pembahasan : Simpulan adalah ikhtisar atau hasil dari menyimpulkan sebuah kejadian/bacaan. Simpulan dapat dilakukan dengan mengambil inti bacaan tersebut kemudian ditanggapi secara subjektif. Simpulan paragraf tersebut adalah pengasuhan orang tua memengaruhi perilaku anak.
SBMPTN 2013/2014

5. Pada laporan penelitian ini, parodi kehidupan yang di dalamnya terdapat tuturan berbentuk sindiran yang ada dalam masyarakat nelayan di pantai selatan ujug timur Pulau Jawa tidak hanya dibahas wujud bahasanya, tetapi juga dikaji norma-nrma dan nilai-nilai yang mendasarinya.
Ejaan pada kalimat di atas menjadi benar jika diperbaiki dengan cara....
A.    Mengganti tanda pemisah (-....-) dengan tanda koma (,...,)
B.     Menulis tanda koma (,) sebelum kata tetapi
C.     Menulis kata pantai selatan dengan huruf awal kapital
D.    Menambahkan tand koma (,) setelah kata Pulau Jawa
E.     Menulis kata nelayan dengan huruf awal kapital
Jawaban : B
Pembahasan : Ejaan yang tepat pada kalimat tersebut adalah menulis tanda koma (,) sebelum kata tetapi. Kata tetapi adalah kata konjungsi atau kata hubung kalimat majemuk setara pertentangan. Dalam penulisan dalam kalimat majemuk, tand koma diletakkan sebelum kata penghubung apabila anak kalimat berada di belakang kalimat utama.
SBMPTN 2013/2014




6. Untuk meraih gelar juara dlama liga Indnesia, setiap anggota tim kesebelasan sepak bola berlatih intensif setiap hari.
Makna istilah intensif  dalam kalimat di atas adalah....
A.    Sungguh-sungguh
B.     Terus-menserus
C.     Memliki aturan
D.    Terjadwal
E.     Menuntut keajekan
Jawaban : B
Pembahasan : Makna sebuah istilah dapat dilihat dalam kamus. Makna istilah dapat juga disesuaikan dengan konteks kalimat. Makna istilah intensif dalam kalimat tersebut adalah terus-menerus.
SBMPTN 2013/2014

7. Dalam satu wilayah yang dihuni berbagai etnik, terjadi integrasi budaya sehingga menghasilkan budaya baru.
Makna istilah integrasi dalam kalimat di atas adalah...
A.    Percampuran
B.     Pnyatuan
C.     Pembauran
D.    Pembentukan
E.     Penyesuaian
Jawaban : A
Pembahasan : Makna adalah integrasi adalah percampuran.
SBMPTN 2013/2014

8. (1) Di sekolah-sekolah tertentu, seorang guru bidang studi di luar kewenangannya. (2) Sebenarnya sediaan tenaga guru yang direncanakannya secara makro telah mencukupi kebutuhan, tetapi masalah penempatan guru masih tetap terjadi. (3) Faktor penyebabnya adalah keterbatasan jumlah yang dapat diagkat dan sulitnya menjaring tenga kerja yang tersedia di daerah terpencil.
Dalam bacaan di atas, terdapat bentukan kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimatnya, yakni....
A.    Kata merangkap (kalimat 1)
B.     Kata mengejar (kalimat 1)
C.     Kata kewenangannya (kalimat 1)
D.    Kata sediaan (kalimat 2)
E.     Kata keterbatasan (kalimat 3)
Jawaban : D
Pembahasan : Pembentukan kata adalah proses dari kata dasar menjadi kata yang nantinya akan berubah makna atau menguatkan makna. Kata bentukan harus sinergi dengan kata setelah atau sebelumnya dalam satu kalimat. Tidak boleh membentuk ambiguitas. Kata merangkap, mengejar, kewenangannya, dan keterabatasan mempunyai bentuk yang baik dan benar serta dapat menjadi satu konteks dengan kalimat, akan tetapi kata sediaan tidak tepat. Kata yang tepat adalah persidiaan.
SBMPTN 2013/2014

9. Terjaadinya abarsi yang mengancam kelestarian pantai karena diakibatkan oleh hilngnya hutan bakau di sekitar pantai yang menjadi pelindung alami dari gempuran ombak.
Kalimat di atas menjadi kalimat baku apabila diperbaiki dengan cara....
A.    Menambahkan tanda koma (,) sebelum kata kerena
B.     Menghilangkan kata karena
C.     Mengganti kata  diakibatkan  dengan kata disebabkan
D.    Mengganti kata oleh dengan kata telah
E.     Mengubah kat dari menjadi terhadap
Jawaban : B
Pembahasan : Kalimat baku adalah kalimat yang sesuai dengan standar dan ejaan yang disempurnakan. Kalimat baku terbentuk dari kata-kata dan frasa yang benar dambaik dalam penulisan, letak, maupun maknanya.Kalimat bak adalah kabalikan dari kalimat ambigu. Kalimat tersebut dapat menjadi baku apabila kata karena dihilangkan. Kata karena tidak berfungsi menajadi penguhubung di kalimat tunggal tersebut. Kata karena adalah konjungsi majemuk bertingakat yang anak kalimatnya berketerangan sebab.
SBMPTN 2013/2014


10. Hutan yang rusak dapat menyebabkan lenyapnya juataan tanaman sehingga produksi oksigen bagi atmosfer jauh berkurang.
Kalaimat di atas merupakan perluasan dari kalimat dasar....
A.    Hutan rusak menyebabkan lenyapnya tanaman
B.     Hutan russak
C.     Hutan lenyap
D.    Jutaan tanaman lenyap
E.     Produksi oksigen berkurang
Jawaban : B
Pembahasan : Kalimat dasar terdiri dari subjek predikat objek keterngan. Sedangkan kalimat perluasan adalah kalimat dasar yang diperluas dengan membubuhkan kata perluasan semisal “yang”, “sehingga”, san lain-lain. Dalam frasa hutan rusak, maka hutan (subjek), rusak (predikat). 
SBMPTN 2013/2014

11. (1)Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan melakukan kegiatan olahraga yangg keliru. (2)Mereka hanya melakukan kardio yang lambat karena mengira itu adalah cara yang tepat untuk membakar lemak. (3)Kardio memang membakar lemkak, tetapi jumlahnya hanya sebanyak persentase total kalori yang dibakar. (4)Karena kalori yang dibakar sedikit, berarti jumlah lemak kesluruhuan yang dibakar juga sedikit. (5)Lebih dari itu, tidak seperti kebanyakan latihan yang pembakaran kalorinya tetap berjalan setelah kit berlahraga, sesi latihan kardioyang tidak efisien akan berhenti membakar lemak begitu kita berhenti olahraga.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah....
A.    Kardio merupakan olahrag yang keliru untuk menurunkan berat badan
B.     Kardio memebakar lemak yang jumlahnya lebih rendah dari jumlah kalori yang dibakar
C.     Semakin banyak kalori yang dibakar berarti semakin banyak lemak dalam tubuh yang terbuang
D.    Orang kegemukan karena cara berolahraga yang keliru
E.     Pembakaran kalori akan tetap berlangsung setelah orang melakukan kardio secara stabil
Jawaban : A
Pembahasan : Paragraf tersebut berisi penurunan berat badan dengan olahraga yang keliru.
SBMPTN 2013/2014

12. Dalam pergaulan sosial, setiap persoalan harus dikonfirmasikan terlebih dahulu agar tidak terjadi fitnah dan pengambilan tindakan yang sewenang-wenang.
Makna istilah dikonfirmasikan dalam kalimat di ats adalah....
A.    Diperjelas persoalannya
B.     Dilihat kebenarannya
C.     Dipastikan benar salahnya
D.    Dikaji sumber masalahnya
E.     Dipahami kondisinya
Jawaban : C
Pembahasan : Makna istilah dikonfirmasikan (pasif) adalah dipastikan benar salahnya. Konfirmasikan adalah penegasan, pembenaran.
SBMPTN 2013/2014

13.Hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi karena tidak hanya menyediakan bahan pangan ataupun bahan produksi, melainkan juga menjadi penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan penyimpan cadangan air.
Kalimat di atas menjadi kalimat baku apabila diperbaiki dengan cara....
A.    Menambahkan tanda koma (,) sebelum kata karena
B.     Menulis kembali kata hutan setelah kata karena
C.     Mengubah kata ataupun  menjadi  dan
D.    Mengubah kata melainkan menjadi tetai
E.     Mengubah kata  penyim















Tidak ada komentar:

Posting Komentar