UN
2015
Bacalah paragraf
deskripsi rumpang berikut dengan seksama!
Antrean kendaraan semakin
panjang. Empat jalur mobil penuh sesak. Beberapa kendaraan mengambil posisi
hendak ke kanan dank e kiri sehingga suasana lalu lintas tambah serawut.
Tidak hanya kendaraaan bermotor menggunakan jalan (...) Berbagai angkutan
umum itu, hanya beberapa yang berhenti di jalurterkiri swbagai mana mestinya.
|
1. Kalimat yang tepat untuk menlengkapi paragraf
rumpang tersebut adalah...
A. kendaraaan pribadi pun ada di beberapa lokasi
tersebut.
C.
pejalan kaki tidak
mendapat tempat ketika memerlukannya.
D.
jalan tidak digunakan
oeleh kendaraan bermotor angkutan umum lainnya.
E.
puluhan pedagang kaki
lima juga menggunakan hampir satu jalur paling kiri.
Bacalah kutipan
hikayat sastra Melayu Klasik berikut dengan seksama untuk mejaeab soal nomor 2-4
Hatta beberapa lamanya baginda
berjalan dua laki-istri itu, maka sampailah baginda itu ke atas mercu gunung
itu. Maka dilihat baginda kepada kedua sama tengah baginda itu ke atas mercu
gunung itu ada sebuah kolam terlalu indah-indah rupanya; tepinya ditutup
dengan batu panca logam, diikatnya dengan emas, dan rumputan nampa-nampa
dengan kesturi. Airnya terlalu jernih seperti air tawar.
Syahdan maka baginda kedua pun
berjalanlah ke tepi kolam itu serta melihat ikan sisi kolam itu
berbagai-bagai rupanya. Ada ikan emas matanya daripada zamrud. Ada ikan peak
matanya seperti yakup. Terlalu indah sekali rupanya. Maka kata baginda kepada
istrinya, “ya Adinda nyawa Abang, marilah Tuan kit mandi kedalam kola mini
karena panas sangat tubuh kakanda rasanya. “maka kata tuan putri, “ Nantilah
kakanda dahulu karena kita ini baru datang dari lelah berjalan; kalau-kalau
menjadi penyakit tempat ini tempat segala dewa-dewa dan mambang peri.
|
UN
2015
2. kemustahilan
yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah...
A. berjalan-jalan
sampai ke puncak gunung.
B. terdapat
kolam di tengah-tengah puncak gunung.
C. mata
ikan terbuat dari zamrud.
D. suatu
dan istri mandi di kolam bersama-sama.
E.
air yang jernih di
puncak gunung seperti air tawar.
UN
2015
3. amanat yang
terdapat dalam hikayat tersebut adalah...
A. sepasang
suami-istri harus selalu bersama dan setia
B. jangan
terlalu kagum dengan keajaiban yang dilihat.
C. jangan
mandi di sembarang tempat yang tidak berpehuni.
D. selera
berjalan jauh dan terkena panas jangan langsung mandi.
E.
jangan mandi di tempat
dewa.
UN
2015
4. niali moral
yang terdapat dalam hikayat tersebut adalah....
A. sepasang
suami-istri harus selalu bersama dan setia.
B. segala
sesuatu belum tentu seindah dan tampak.
C. seorang
suami melupakan pemmpin dalam keluarganya.
D. meningkatkan
orang lain dalam mengerjakan sesuatu.
E. beristirahatlah
secukupnya jika kita sudah mengadakan perjalanan jauh.
5. bacalahlah
kutipan novel tersebut dengan seksama!
(1)Aku terus mengekori ayah
berjalan ke arah lain dan melakukan hal yang sama dengan tiga laki-laki lagi.
(2)Bersalaman lama dibawah sarung saling menatap. (3)Pada orang terakhir ayah
menyodorkan sebungkus uang, dan gantinya ayah menarik seekor sapi gemuk ke
laur lapangan. (4) Sapi lalu dinaikkan ke otopra, dikirim langsung ke kampung
kami di Maninjau. (5) Amanat dari surau kami untuk membeli seekor sapi untuk
kurban Idul Adha minggudepan telah ditunaikan ayah.
|
UN
2015
Kalimat yang membuktikan
latar tempat bahwa peristiwa pada kutipan tersebut berada di pasar ternak
adalah...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
6. amanat yang
terdapat dalam kutipan tersebut adalah...
A. meski
telah merdeka dan hidup di era modern, tetapi harus menaga sopan santun
B. bila
memberikan minuman kepada majikan harus berjongkok dan berlaku sopan
C. jangan
memberikan sesuatu kepada majikan dengan berdiri dan mulut terbuka
D. hormat
dan santunlah dengan orang-orang yang masih berdarah ningrat
E. bantulah
orang-orang yang sedang ketakutan atau sedang sakit
UN
2015
7. watak tokoh
Suryono dalam kutipan tersebut adalah...
A.
teguh
B.
tegas
C.
moderat
D.
feudal
E.
santun
UN
2015
8.
pendeskripsian watak tokoh tesebut melalu ...
A.
urain pengarang
B.
jalan pikiran tokoh
C.
suasan sekitar tokoh
D.
dialog antar tokoh
E.
tingkah laku tokoh
Bacalah paragraf
berikut dengah seksama untuk menjawab soal nomor 9-11
(1) Di perairan sepajang Selat
Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur, ada keunikan yang menakjubkan wisatawan,
yang tidak kalah menarik dengan Raja Ampat, Papua. (2) Di sana ada berbagai
jenis ikan, termasuk jenis mamalia, dan aneka terumbu karang yang dikelilingi
puluhan pulau kecil, seperti Pulau Buaya Ternate, dan Pulau Purau. (3) di
gugusan pulau-pualau ini terdapat satu selat, terletak anatara Pulau Alor
Kecil dan Pulau Kepa, seluas 3 km persegi, disebut selat Kumbang atau warga setempat
menyebutnya mulut Kumbang (4) di mulut Kumbang inilah pada pagi dan sore
hari, ratusan ekor lumba-lumba berwarna merah muda dan tmpak jinak, muncul di
permuukaan. Selain lumba-lumba, jalur ini juga menjadi lintasan ikan paus
dari perairan Pasifik menuju Papua,Selat Banda, Selat Pantar, terus ke laut
Sawu, tempat paus menjadi incaran pemburu tradisional warga Lamalera,
Lembata.
|
UN
2015
9. Ide pokok
paragraf tersebut adalah....
A.
persamaan keunikan
Selat Pantar dan Raja Ampat
B.
adanya puluhah pulau
kecil indah di perairan NTT
C.
keindahan dan keunikan
pantai Selat Pantai Alor, NTT
D.
Jinaknya lumba-lumba
berwarna merah muda
E.
Jalur lintasan ikan
paus dari perairan pasifik ke NTT
UN
2015
10. Kalimat
fakta pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat....
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1), (2), dan (5)
C.
(2), (3), dan (4)
D.
(2), (4), dan (5)
E.
(3), (4), dan (5)
UN
2015
11. Kalimat
tanya yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ....
A.
Mengapa ikan
lumba-lumba hanya muncul pada pagi dan sore hari?
B.
Mengapa ikan paus di
perairan pasifik melitas di selat pantar?
C.
Bagaimana cara mencapai
tujuan wisata pantai selat pantar?
D.
Apa yang unik dan
menakjubkan dari wisata pantai dan selt pantar?
E.
Berapa ekor lumba-lumba
yang tampak di perairan mulut kumbang?
Bacalah paragraf
berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor 12 dan 13
(1) sebagai negeri, ratna mutu
manikam, Indonesia memiliki beragam permata salah satunya, keelokannya tercermin
dari produk mutiara laut, (2) mutiara air laut Indonesia tergolong sebagai
south sea pearl atau mutiara laut selatan dengan ciri warna putih mengilat
dan kuning keemasan. (3) di tingkat dunia Indonesia unggul sebagai penghasil
mutiara terbesar yang memprduksi 3 persen dari produk mutiara laut selata
dunia. (4) ha ini disebabkan karena kualitas mutiara Indonesia masih kalah
dibandingkan dengan negara produsen lain. (5) meskipun mutiara air tawar tak
semengkilap mutiara air laut, masuknya mutiara air tawar menyerbu pasar
domestic dengan harga murh seperti yang ditawarakan Cina, memukul usaha yang
ada.
|
UN
2015
12. Kalimat
penjelas yang sumbang terdapat pada nomor...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
UN
2015
13. Makna istilh
domestic paa kalimat (5) paragraf tersebut adalah...
A.
Hal kebutuhan pokok
rummah tangga
B.
Brhubungan dengan
masalah dalam negeri
C.
Bersifat menentukan
kemauan dalam negeri
D.
Berpengaruh kuat
terhadap masalah pribadi
E.
Pasar tradisional yang
ada dalam negeri
UN
2015
14. Cermatilah
kutipan biografi berikut!
Taufi Ismail lahir di Bukit
Tinggi, Sumatera Barat, pada tahun 1935. Beliau adalah seorang budayawan dan
sastrawan yang sangat populer. Beragam penghargaan telah diperolehnya, baik
di tingkat nasional maupun internasional. Ia banyak melahirkan karya seperti
puisi, esai, sastra, karya terjemahan dan lain-lain.
Taufik Ismail bermimpi menjadi
sastrawam saat masih SMA. Waktu itu ia mulai menulis puisi yang dimuat di
beberapa majalah. Ia dibesarkan di lingkunga keluarga yang suka membaca
sehingga ia pun senang membaca sejak kecil. Hobinya semakin terpuaskan saat ia
menjadi penjaga perpustakaan di Perustakaan Pelajar Islam Indonesia
Pekalongan. Dan minatnya dalam dunia satra mulai tumbuh saat ia sekolah di
SMA. Whitefish Bay di Milwaukee, Winconsin. AS, berkat program beasiswa
pertukaran pelajar. Bersama satraan lainya, ia berhasil memperkenalka sastra
ke sekolah-sekolah lewat program “Siswa Bertanya, Sastrawan Menjawab” yang
disponsori oleh yayasan Indonesia dan forb fondarion.
|
Keteladanan
Taufik Ismail yang terapat dalam kutipan tersebut adalah...
A. Menjadi
budayawan dan sastrawan yang sangat populer
B. Memperoleh
penghargaan baik nasional maupun internasional
C. Menciptakan
banyak puisi, esai, sastra, karya terjemahan dan lain-lain
D. Menjadi
penjaga perputakaan sambil membaca berbagai macam buku satra
E. Senang
membaca, menulis puisi, dan menumbuka minat sastra para pelajar
Bacalah
kutipan tajuk rencana berikut dengan seksama untuk soal nomor 1-16
Di antara delapan Tujuh
Pembanguna Milenium (MDG) ang mungkin sulit dicapai adalah penurunan angka
kematian ibu (saat melahirkan). Selain angka keamtian ibu (AKI), juga angka
kematian bayi (AKB), pemberantasan penyakit menular, dan pelestarian
lingkungan hidp. Kini ada kekhawatiran baru prediksi muram tersebut bisa
menjadi kenyataan jika tidak memberikan perhatian khusus. Memang sudah dicapai
penurunan AKI da AKB tetapi di wilayah Indonesia bagian timur, Nusat
Tenggara, Maluku, dan Papua kematian bayo dan anak balita justru meningkat.
Penyebabnya antara lain pneumonia, diare, infeksi saluran pernafasan akut,
terbataasbya akses perhubungan, dan kecukupan gizi bayi anak.
Potret tersebut masih kuat
tertanam di benak kita dan menjadi tantangan yang harus kita selesaikan.
Terasa ironis jika kita sudah berada pada tahaan membahas agenda pembangunan
pasca-MDG, tetapi kita mash menghadapi problem berat dalam pencapaian MDG.
Upaya pencapaian target MDG bukan masalah ringan karena hal itu merupakn
esensi problem pebangunan Indonesia. Kita berharap, data-data yang kita
peroleh ini dapat menguatkan tekad kita untuk lebih keras dalam mencapai
targetnpertama MDG, pemberantasan kemiskinan, dan melakukan instropeksi diri.
|
UN 2015
15. opini
penulis tajuk tersebut adalah...
A. Menurunkan
angka kematian ibu (saat melahirkan) sangat suli dilakukan terutama di wilayah
Indonesia Timur.
B. Kita
harus melakukan tekad, melakukan instropeksi, dan bekerja lebih keras untuk
memberantas kemiskinan.
C. Penurunan
angka kematianib, angka keamtian bayi, dan pemberantasan penyakit menular
adalah tujuan utama MDG.
D. Wilayah
Indonesia bagian Timur merupakan potret masalah yang masih menjadi tantangan
yang harus kita selesaikan.
E. Upaya
pencapaian target MDG adlah ringan krena merupakan esensi problem pembangunan
Indonesia.
UN
2015
16
.
keberpihakan penulis tajuk tersebut kepada...
A. Masyarakat
luas
B. Pemerintah
Indonesia
C. Menteri
Perekonomian
D. Menteri
Kesehatan
E. Pembangunan
Milenium
UN
2015
17. bacalah
kutipan gurindam berikut dengan seksama!
Kalau selalu dalam kekurangan
Segala kejahatan dalam kandungan
|
Maksud isi
gurindam tersebut adalah...
A.
Hidup dalam kekurangan
akan mengakibatkan mudah mengandung.
B.
Orang yang berbuat
jahat umumnya dari lingkungan keluarga miskin.
C.
Seseorang yang sedang
mengandung kekurangan akan berbuat jahat.
D.
Seseorang yang hidup
dalam kemiskinan akan mudah berbuat jahat.
E.
Kejahatan akan datang
pada orang-orang yang selalu dalam kekurangan.
Cermatilah
tabel berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 19
Penduduk
usia 10 tahun ke Atas Menurut Ijazah/STTB yangDimilli
Tahun 2009 di
Kabupaten Garut
Ijazah/STTB yang dimiliki
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
Tidak punya ijazah SD
|
171.947
|
182.954
|
354.901
|
SD/MI sederajat
|
365.349
|
386.690
|
752.039
|
SLTP/MTs/sederajat/kejuruan
|
207.283
|
186.613
|
393.896
|
SMA/MA sederajat
|
152.314
|
121.230
|
273.544
|
Perguruan Tinggi
|
41.718
|
35.147
|
76.685
|
Total
|
938.611
|
912.624
|
1.851.245
|
UN 2015
18. pernyataan
yang tepat sesuai tabel tersbut adalah...
A.
Laki-laki yang tidak
memiliki ijazah SD lebih banyak daripada perempuan.
B.
Laki-laki yang memiliki
ijz lebih sedikit daripada lulusan Perguruan Timggi.
C.
Perempuan yang lulus
perguruan tinggi lebih banyak daripada lakilaki.
D.
Perempuan lulusan
perguruan tinggi lebih banyak daripada perempuan
E.
Laki-laki lulusan
perguruan tunggi lebih banyak daripada perempuan.
UN
2015
19. simpulan
tabel tersebut adalah...
A.
Penduduk di Kabupaten
Garut yang memiliki ijazah SD tercatat paling banyak.
B.
Penduduk Kabupaten
Garut enggan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.
C.
Laki-laki yang berijzah
SD jumlahnya sama dengan yang perempuan.
D.
Masih banyak penduduk d
Kabupaten Garut yang tidak tamat seklah dasar.
E.
Penduduk yang tidak
memiliki ijazah SD pada umumya berusia lanjut.
Bacalah paragraf
berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor 20-22
Inasi wiata kalangan dunia.(3)
Apalagi setelah mending putrid terpopuler di Ingris itu tiggal di Pulau Moyo,
nama pulau ini pun kian mendunia.(4) Pulau moyo memang sudah menjadi tempat
favorit putrid Diana, salah satu nya karena tenang, jauh dari kebisnngan dan
keramaian.(5) Sejumlah artis Holloywood seperti Mick Jagger, dan mantan
kipper nasional Belanda dan United ManchesterEdwan van de sar, juga pernah ke pulau ini.
|
UN
2015
20. kalimat
utama pada paragraf tersbut terletak pada nomor...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
UN
2015
21. mengapa
wisatawan kelas dunia mengunjungi Pulau moyo?
A.
Karena putri dari
kerajaan Inggris pernah mengunjungi dan tinggal selama tiga hari Pulau Moyo.
B.
Karena daerahnya sunyi,
tenang dan pesona ala, pantai dan tamat laut yang indah.
C.
Karena sejumlah artis
Hollywood dan kipper sepakbola Belanda dan MU pernah Barat, dekat dengan Bali.
D.
Karena pulau Moyo
memiliki taman dengan hamparan pasir putih yang diburu kalangan elite.
UN
2015
22. simpulan isi
paragraf tersebut adalah...
A.
Pulau Moyo terkenal
karena hamparan pasir putih dan keindahan dari Inggris lautnya.
B.
Pulau Moyo jadi
terkenal setelah dikunjungi mendiang putri Diana dari Inggris selama tiga hari.
C.
Pulau Moyo telah
dikunjungi oleh Diana, Mack Jagger, dan Edwon van der Sar.
D.
Pulau Moyo dan
keindahan taman lautnya menjadi tujuan wisata kelas dunia
E.
Pulau Moyo, di Sumbawa
Nusa Tengggara Barat adalah daerah yang sunyi, tetapi memiliki sejuta pesona
UN
2015
23. Bacalah
kutipan cerpen berikut dengan seksama!
Anak ingusan
ikut menangis kekuatan sebelum sempat aku berteriak memanggil ibu Khadijah.
Seluruh isi panti kembali ricuh demi mendengar anak ingusan menangis
sejadi-jadinya, seperti sedang berlomba menangis, memperebutkan piagam anak
termanja di panti ini. Ibu Khadijah dan kang Ujang di ikuti mang Ujang dan
kakak-kakakku menghambur ke dalam kamar. Memastikan apa yang sedang terjdi
demi melihatku dan anak ingusan di sampingku dalam keadaan mengerikan, Ibu
Khadijah dan Bang Ferdi langsung merangkulku, sedangkan mang Ujang
menggendong anak ini ingusan itu.
Api cemburuku
semakin meledak. Biasanya ibu Khadijah
beserta mang Ujang yang mengurusiku. Tapi mang Ujang sekarang mengurusi anak
baru itu. Tangisku semakin memecah memekakkan orang yang mendenggar. Ibu
Khadijah membawaku ke kamar mandi, mengguyurku dengan air sumur yang sangat
dingin, kalau-kalau aku masih mengigau dengan sikapku sangat berlebihan.
Seketika itu juga aku terdiam. Ibu Khadijah memandang heran karena aku
tertawa cengengesan. Walau air yang dingin serasa menusuk tulang, namun salah
satu hobiku adalah main air.
|
Keterkaitan
nilai moral dalam kehidupan sehari-hari dalam kutipan tersebut adalah ....
A.
Anak kecil sedang
bermain air karena airnya dingin
B.
Kecemburuan seorang
aank kecil pad aanak lain seumurnya
C.
Rasa ketakutan seorang
anak kecil yang hidup di panti asuhan
D.
Mengguyur anak kecil
yang terusterusan menangis dengan air dingin
E.
Menyayangi anak-anak
kecil yang hidup di panti asuhan
Bacalah kutipan
puisi untuk menjawab soal nomor 24-26
RAKYAT
Rakyat ialah kita
Jutaan tangan yang mengayun dalam
kerja
Di bumi di tangan tercinta
Jutaan tangan mengayun bersama
Membuka hutan menjadi lading-ladang
berbunga
Mengepulkan asap fari cerobong
pabrik-pabrik di kota
Menaikkan layar menerba jala
Meraba kelam di tambang logam dan
batubara
.....
Rakyat ialah kita
Beragam suara di langit tanah
tercinta
Suara bangsi di rumah berjenjang
bertetangga
Suara kecapi di pegunungan jelita
Suara bonang mengambang di
pendapa
Suara cicak di muka pura
Suara tifa di hutan kebon pala
Rakyat ialah suara beraneka
|
UN
2015
24. maknah
lambing kata “suara” dalam puisi tersebut adalah...
A.
Pendapat
B.
Budaa
C.
Bahasa
D.
Suku bangs
E.
Agama
UN
2015
25. Suana yang
tersirat pada puisi tersebut adalah...
A.
Sendu
B.
Bersemangat
C.
Gembira
D.
Syahduh
E.
Gegap-gempita
UN
2015
26.
maksud isi larik/bait puisi tersebut adalah…
A. Menyatakan rakyat yang jumlahnya adalah jutaan.
B. Yang disebut rakyat ialah mereka yang bekerja keras
C. Rakyat ialah kita yang berada di bumi tercinta.
D. Rakyat ialah tangan yang mengayunkan cangkul.
E. Rakyat ialah para buruh, tani, dan nelayan.
UN
2015
27.
cermatilah paragraf eksposisi berikut dengan seksama!
(1)Bila anda
sakit tengorokan yang parah hingga suara sampai hilang, tidak perlu kuatir.
(2)Obati sakit tengorokan anda dengan makan buah nenas yang masih setengah
matang. (3)Lalu dikupas dengan bersih tetapi jangan dicuci. (4)Kemudian
diparut dan disaring airnya. (5)Setelah selesai barulah minum air nenas
tersebut.
|
Urutan
kalimat tepat agar menjadi paragraph yang padu adalah…
A. 1,2,3,4,5
B. 2,3,4,5,1
C. 2,4,5,1,3
D. 5,1,2,4,3
E. 5,2,4,3,1
Bacalah
paragraph argumentasi rumpang berikut dengan seksama!
Pembinaan
bidang pertanian bukan lagi sekedar memikirkan cara menaikkan produksi petani
gurem… Dengan demikian, sekala industry dapat dirancang secara ekonomis bagi
sistem agrobisnis. Jika pemikiran demikian dapat diterima, bidang pertanian
memerlukan reformasi yang luas.
|
Kallimat
yang tepat untuk melengkpai paragraf tersebut adalah…
A. Pengeloaan industry, khusunya pertanian, belum
mendapat prioritas.
B. Pengelolaan agroindustri harus dipikirkan masak-masak.
C. Pengeloaan industry ini belum ditangani secara serius
oleh pemerintah.
D. Pengelolaan argoindustri harus ditangani seorang ahli
dalam bidangnya.
E. Pengelolaan industry untuk komoditas ini harus jelas
benar sekala ekonominya.
UN
2015
29.
bacalah silogisme berikut dengan cermat!
PU :
Semua siswa kelas XII mempersiapkan diri secaea maksimal untuk mengahadapiUN
dan US
PK :
Soleh siswa kelas XII.
K :
Soleh mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadi UN dan US.
….
Kalimat
entimen yang tepat untuk melemgkapi kalimat siologisme berikut adalah…
A. Soleh siswa kelas XII karena semua yang mempersiapkan
diri secara maksimal adalah siswa kelas XII.
B. Semua siswa kelas XII mempersiapkan diri secara
maksimal untuk menghadapi US dan UN karena Soleh siswa kelas XII.
C. Soleh mempersiapkan diri secara maksimal untuk
mempersiapkan US dan UN karena semua siswa kelas XII menghadapi UN dan US.
D. Soleh siswa kelas XII karena Soleh mempersiapkan diri
secara maksimal untuk menghadapi UN dan US.
E. Soleh mempersiapkan diri secara maksimal untuk
menghadapi UN dan US karena ia siswa kelas XII.
UN
2015
30.
Bacalah paragraph generalisasi berikut dengan seksama!
Pertumbuhan konsumen selular di negeri ini meningkat sangat cepat.Tidak
ada lagi mahasiswa yang tidak memiliki telepon selular.Begitu juga siswa SMA,
SMP bahkan SD telah menggunakan telepon seluler untuk berkomunikasi dengan
orang tua mereka. Pedagang keliling seperti tukang bakso, tukang cendol,
menggunakan telepon sebagai sarana penjualan.di pelosok pedesaan pada orang tua
juga sudah menggunakan telepon seluler untuk berkomunikasi dengan anak mereka
yang bekerja sebagai tenaga kerja luar negeri seperti Hongkong, Thailand, Arab
Saudi dan Singapura…
Kalimat
simpul yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah…
A. Semua lapisan masyarakat menggunakan telepon seluler
sebagai alat komunikasi
B. Penggunaan telepon seluler tidak asing bagi masyarakat
saat ini khususnya Indonesia.
C. Teleon sekuker sebagai alar komunikasi jarak jauh
sudah digunakan dimana-mana.
D. Berkomunikasi dengan telepon seluler lebih mudah dan
murah biayanya.
E. Telepon seluler lebih praktis dan mudah dibawa
kemana-mana. Oleh siapa saja.
UN
2015
31.
bacalah paragraph sebab akibat rumpang berikut dengan seksama!
Lihatlah pembangunan dan pola hidup masyarakat besar di kota besar itu.
Mereka membuang sampah sembarangan ke selokan dank e kali yang mengalir di
tengah kota. Daerah resapan air telah berubah menjadi hutan beton, sementara
kebunn dan hutan di pinggir kota berubah menjadi hunuan dan pabrik. Tidak
terpikir oleh mereka jika datang musim hujan.
Kalimat
akibat yang sesuai dengan isi paragraph untuk melengkapi paragraph tersebut
adalah...
A. Banjir akan melanda kota tesebut.
B. Sampah-sampah menghambat aliran.
C. Air hujan tiddak dapat meresap di hutan-hutan gundul.
D. Sampah bertumpuk di muara sungai menyebabkan polusi
air.
E. Para pemulung plastic mendapat rezeki berlimpah.
UN
2015
32.
cermatilah pantun rumpang berikut dengan seksama!
Kalau pergi ke kota Palu
Singgah sebentar di donggala
Kalaulah diri masi punya malu
….
Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun tesebut adalah…
A. Janganlah pernah berkata dusta.
B. Kamu harus jangan berbicara.
C. Mulailah kamu menata suara.
D. Janganlah lupa mencuci muka.
E. Kau tunggu aku berbuka.
UN
2015
33.
cermatilah paragraf rumpang berikut dengan seksama!
Jangan ceroboh membeli ikan.Disangka… ternyata sudah busuk.Caranya
supaya tidak terkecoh? Ikan segar dagingnya… kalau dipegang. Sisiknya atau
kulitnya masih mengilap. Ingsangnya berdarah merah segar. Matanya masih bening,
kalau tidak sesuai dengan cirri-ciri tersebut berarti ikan itu…
Prasa
adjektiva yang tepat untuk melengkapi
bagian rumpang paragraf tersebut adalah…
A. Sangat baru, sudah lembek, sudah busuk.
B. Masih baru, masih keras, sangat busuk.
C. Lebih baru, masih keras, sangat busuk.
D. Masioh baru, masih keras, suah busuk.
E. Sangar baru, masih lunak, sudah busuk.
UN
2015
34.
bacalah paragraf rumapng berikut dengan seksama!
Berbagai cara akan ditempuh oleh siswa yang baru lulus SMA untuk berebut
kusi di perguruan tinggi favoritnya. Ada siswa belajar keras smpai begadang…
ada yang mengikuti berbagai bimbingan tes.Di samping itu ada yang melalui jalur
khusus, yaitu memberikan kesempatan kepada siswa yang mapu secara financial
untuk duduk di universitas pilihannya. Ada juga yang masuk universitas tanpa
tes..dia memiliki prestasi gemilang.. memiliki niali akedemis yang ditargetkan
suatu perguruan dengan melalui jalur PMDK(Penelusuran Minat dan Kemampuan) dan
ada juga melalui jalur pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi.
Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tesebut adalah…
A. Dan, karena, atau
B. Dan, tetapi, atau
C. Hingga, karena, tetapi
D. Hingga, jika, tetapi
E. Dan, jika, tetapi
Cermatilah
paragraf rumpang berikut dengan seksama!
Arno menyerahkan..kartu tanda penduduk plus kartu keluarga untuk
mendapatkan beras murah. Panitia lantas memberikan kupon dan menyuruh… Akan
tetapi mereka kecewa karena berasnya tidak ada.Sementara itu, warga terus
berdatangan. Mereka pun kecewa dan mengatakan bahwa mereka…
Kata
baku yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragrapf di atas adalah…
A. Fotocopy, antre, ketipu
B. Photocopy, antri, ketipu
C. Photokopi, antri, tertipu
D. Fotokopi, antre, tertipu
E. Photocopy, antri, tertipu
UN
2015
36.
bacalah paragraf rumpang berikut dengan seksama!
Koperasi mempunyai prinsip dasar menyejahterakan anggotanya dan sebagai
kekuatan penyeimbang dalam… ekonomi. Koperasi perlu dikembangkan dengan
membentuk jaringan kerja sama antarkoperasi dari berbagai dunia. Tidak adanya
kopersi, usaha kecil sulit bersaing dengan perusahaan-perusahaan multinasional
dikelola dengan menggunakan prinsip...,…,dan…
Kata
penhubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tesebut adalah…
A. System, efektivitas, produktifitas, efisiensi
B. System, efektivitas, produktifitas, efisiensi
C. Sisitem, efektifitas, produktifitas, efisiensi
D. System, efektifitas, produktifitas, efisiensi
UN
2015
37.
bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Untuk memiliki memori dan konsentrasi yang tajam, konsumsilah makanan
yang kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu… depresi dan stress. Pastika untuk
selalu … minyak ikan, minyak zaitun, bawang putih, ikan tuna, kalkun, salmon,
telur, nasi, sereal dan pasta.Makanan seperti beras merah, apel, pisang,
kismis, biji-bijian, dan kecambah mengandung karbohidrat. Tubuh akan… sebagai
bahan bakar untuk meningkatkan kewaspadaan, fungsi memori dan konsentrasi.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
A. Mengkontrol, mengonsumsi, merubah, meningkatkannya.
B. Mengkontrol, menkonsumsi, merubah, meningkatkannya.
C. Mengontrol, mengonsumsi, merubah, meningkatkan.
D. Mengkontrol, mengonsumsi, merubah, meningkatkannya.
E. Mengkontrol, mengkonsimmsi, mengubah, meningkat.
UN
2015
38.
bacalah ilustrasi berikut dengan seksama!
Kali ini dia benar-benar tidak berbohong.Dia menceritakan hal yang
sebenarnya. Akan tetapi, tidak seorang pun memercayai apa yang dia sampaikan
sehingga dia baru sadar betapa sulitnya mengembalikan kepercayaan orang karena
dia dulu sering berbohong sepeti…
Pribahasa
yang sesuai untuk melengkapi ilustrasi tersebut adalah…
A. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.
B. Keluar dari mulut harimau masuk ke mulut buaya.
C. Berjalan peliharalah kaki, berbicara peliharalah
lidah.
D. Mulutmu harimaumu yang akan menerkam kepala kamu.
E. Sekali lancing ke ujian, seumur hidup prang tidak
percaya.
UN
2015
39.
bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Saat ini korupsi terkesan memasuki… kehidupan bangsa. Reformasi yang
diharapkan menuju Indonesia lebih baik ternyata tidak sesuai dengan apa yang…
Pemberantasan korupsi di negeri ini bagaikan… yang tidak akan terwujud.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
A. Parah-prahnya, diangan-angankan, cita-cita.
B. Angan-angan, dicita-citakan, sendi-sendi.
C. Sendi-sendi, dicita-citakan, angan-angan.
D. Parah-parahnya, dicita-citakan, angan-angan.
UN
2015
40.
bacalah ilustrasi berikut dengan seksama!
Malik masih berusia 18 tahun.Ia tampan, pandai dan berasal dari keluarga
terpandang. Namun ia sangat akspresif dan emosional. Jika mendengar atau
melihat sesuatu yang tidak berkenan di hatinya, ia lansing marah dan bertindak,
tanpa pikir panjang. Seperti langsung marah dan memukul orang yang sedang
menolong Adnan.
Uangkapan
yang sesuai untuk dengan ilustrasi tersebut adalah…
A. Pertalian darah
B. Darah muda
C. Darah biru
D. Darah seni
E. Darah dingin
UN
2015
40.
bacalah ilustrasi berikut dengan seksama!
Malik masih berusia 18 tahun.Ia tampan, pandai dan berasal dari keluarga
terpandang. Namun ia sangat akspresif dan emosional. Jika mendengar atau
melihat sesuatu yang tidak berkenan di hatinya, ia lansing marah dan bertindak,
tanpa pikir panjang. Seperti langsung marah dan memukul orang yang sedang
menolong Adnan.
Uangkapan
yang sesuai untuk dengan ilustrasi tersebut adalah…
A. Pertalian darah
B. Darah muda
C. Darah biru
D. Darah seni
E. Darah dingin
UN
2015
41.
cermatilah penutup surat brikut denggan seksama!
Atas perhatian dan kerja sama saudara tidak ;upa diucapkan banyak terima
kasih
Perbaikan
kalimat penutup surat lamaran tersebut yang benar adalah…
A. Atas perhatian dan bantuan, saya ucapkan terima kasih
banyak.
B. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya
mengucapkan terima kasih.
C. Atas perhatian dan kerja samanya, saya ucapkan terima
kasih banyak.
D. Atas bantuan dan kebijaksanaa Bapak saya ucapkan
terima kasih.
E. Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.
UN
2015
42.
cermatilah ilustrasi berikut dengan seksama!
OSIS SMA Tunas Bangsa akan mengadakan rapat persiapan acara pentas seni
sekolah pada 2 Februari 2013 yang bertempat di ruang OSIS sekolah. Pukul 15.00
WIB.Ketua OSIS mengundang panitia untuk hadir dalam rapat tersebut.
Kalimat
pembuka surat undangan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A. Sesuai dengan akan diadakan Pentas Senia SMA Tunas
Bangsa, kami mengundang panitia kegiatan tersebut untuk acara Pentas Seni SMA
Tunas Bangsa kiranya untuk penyusun acara…
B. Rencana bahwa akan diadakan Pentas Seni SMA Tunas
Bangsa, kami mengundang panitia kegiatan tersebut untuk rapat acara pentas seni
di mana kita akan menyusun acaranya.
C. Mengingat akan diadakan Pentas Seni Tunas Bangsa, kami
mengundang panitia kegiatan tersebut untuk rapat persiapan yang mana dalam
rangka mempersiapkan acara…
D. Mengacu pada kegiatan Pentas Seni SMA Tunas Bangsa,
kami mengundang panitia kegiatan tersebut rapat persiapan untuk acara yang mana
akan ditampilkan dalam acara nantinya.
E. Sehubungan dengan akan diadakan Pentas Seni SMA Tunas
Bangsa, kami mengundang panitia untuk menghadiri rapat persiapan acara tersebut
pada…
UN
2015
43.
bacalah teks pidato rumpang berikut dengan seksama!
Hadirin yang terhormat,
“Prestasi sungguh penting bagi pembangunan sitra wanita Indonesia,
akrena dapat memiliki kesempatan untuk berkarier di berbagai bidang dan
melangkah bersama-sama dengan kaum pria.Jika dulu Kartini memiliki keterbatasan
untuk maju, seiring dengan berkembangnya zaman, wanita saat ini sduah tidak
bisa berdiam diri di rumah.“Harapan saya sangat besar kepada wanita-wanita
Indonesai, untuk terus memlihara idealism kaumnya hingga mampu memebrikan
inspirasi ke seluruh perempuan Indonesia. Selain memiliki watak yang sabar,
wanita negeri kita juga berbudi luhur, rendah hati, semangat, pantang
menyerah”…
Kalimat
persuasi yang tepat untuk melengkapi kutipan pidato adalah///
A. Ayo,wanita Indonesia maju sehingga mampu bersaung
dengan kaum pria penting mampu menguasai pria untuk memimpin negeri ini.
B. Marilah, wanita Indonesia berprestasi sehingga mampu
memegang peranan penting dalam segala aspek pembanguna Negara ini.
C. Marilah, semua wanita Indonesia tunjukkan semua kemampuan
seingga mampu memimpin dan mengusai negeri ini.
D. Diimbau kepada semua wanita Indonesia menggalang
persatuan hingga mampu menjadi pemimpin Negara Indonesia tercinta ini.
E. Diharapkan semua ibu rumah tangga dapat berperan di
dalam keluarga menjadi pemimpin di tengah-tengah keluarganya.
UN
2015
44.
cermatilah topic berikut!
Topic : Belajar aktif dengan
Sistem Kliping.
Kalimat
latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah…
A. Dengan system kliping, siswa lebih aktif dan
bersemangat dalam belajar.
B. Kliping meruoakan salah satu sumber pelajaran yang
selalu up to date.
C. Konsep pembelajaran ini diharapkan agar orang tua
tidak mengeluh mahalnya buku.
D. Kliping merupakn konsep pembelajaran yang mudah
dilaksanakan di setiap sekolah.
E. Dewasa ini siswa hanya menerima ilmu pengetahuan dari
guru dan buku sumber.
UN
2015
45.
Cermatilah topic berikut!
Topic : Pemberdayaan Keluarga
Miskin di Era Gllobalisasi.
Rumusan
masalah yang sesuai dengan topic karya ilmiah tersebut adalah…
A. Apa yang menyebabkan banyak keluarga miskin di era
globalisasi?
B. Mengapa banyak ditemukan keluarga miskin di era
globalisasi?
C. Bagaimana cara memberdayakan keluarga miskin di era
globalisasi?
D. Siapa yang berkewajiban memberdayakan keluarga miskin?
E. Di mana keluarga miskin dapat melakukan pemberdayaan diri?
UN
2015
46.
bacalah penjelasan novel berikut dengan seksama!
Teks 1
|
Teks 2
|
Cerita yang
diangkat Negeri 5 Menara (N5M) sebenarnya sederhana dan jamak ditemui. Kisah
seorang anak (Alif) yang harus merantau dari tanah Minangkabau ke Jawa
(Ponorogo) untuk meneruskan sekolah di Pondok Madani. Di sana ia berkawan
karib dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep,
Atang dari Bandung, Baso dari Gowa. Keenamnya kemudian dijuluki sahibul
menara (orang yang memiliki menara) karena kebiasaan menara masjid sambil
menunggu azan magrib. Saat berkumpul itulah setiap anak berbagai mimpi dan
harapan.
|
Metode
mengajar yang digunakan para guru dalam novel N5M ini bisa menjadi referensi
para guru dalam mendidik siswa-siswinya, bahwa menjadi pendidik tidak
otomatis berhenti ketika bel pulang sekolah dipukul dari ruang kelas ditutup.
Membicarakan novel fiksi nyata dan yang rencananya akan dibuat trilogy ini
memang tak ada habisnya. Bisa ditinjau dari berbagai aspek. Yang pasti, novel
yang bisa membawa pembacanya menangis teharu dan tertawa tebahak-bahak karena
humor-humor ala pondok yang khas ini, mengajak Anda berani bermimpi dan
memperjuangkannya.
|
Kalimat
yang tepat dengna alasannya adalah…
A. Teks 1 karena mengungkapkan isi cerita Negeri 5 Menara
lengkap dengan tokoh dan gaya bahasanya.
B. Teks 1 karena mengisahkan tentang harapan dan impian
para tokoh cerita yang berkumpul di bawah menara mesjid.
C. Teks 1 karena mengisahkan tentang perbedaan budaya
Minangkabau dan Jawa dan suka duka hidup di perantauan.
D. Teks 2 karena memberikan penilaian terhadap isi dan
penilaian atas keunggulan novel Negeri 5 Menara.
E. Teks 2 karena memberikan informasi bahwa novel Negeri
5 Menara merupakan novel trilogi.
UN
2015
47.
cermatilah judul karya tulis dengan seksama!
Penggunaan bahasa Indonesia di kalangan pejabat.
Penulisan
judul karya tulis yang benar berdasarkan EYD adalah…
A. PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA di KALANGAN PEJABAT
B. PENGGUNAAN BAHASA. INDONESIA DI KALANGAN PEJABAT
C. PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DIKALANGAN PEJABAT
D. PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI KALANGANPEJABAT
E. PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI KALANGAN PEJABAT
UN
2015
48.
Cermatilah puisi rumpang berikut!
Dalam Kereta
Hujan menebal jendela
Semarang, Solo… makin dekat saja
Menangkap senja
Menguak purnama
….
Menjengking kereta. Menjengking jiwa
Sayatan terus ke dada
(chairil Anwar)
Kalimat
bermajas personofikasi yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah…
A. Cahaya menyayat mulut dan mata
B. Engkau menahan rasa sakit
C. Tak kuasa diri menahan menangis
D. Sesak napas karena debu
E. Menatap wajahmu yang cantik
UN
2015
49.
bacalah kutipan esai novel berikut dengan seksama!
Pada periode awal kepenyairannya, Taufiq Ismail cenderung menekankan
citraan visual dalam menggambarkan pengalaman estetik yang dibentuk oleh
pengamatannya yang tajam terhadap momen-momen penting peristiwa sejarah.Ia
mendayagunakan kekuatan bahasa figurative (majas), puisi yang efektif untuk
membangun imajinasi pembaca. Sejak tahun 1970-an hingga periode mutakhir
kepenyairannya, sajak-sajak Taufiq cenderung “prosaic naratif”. Ia menggunakan
bahasa diskursif yang diselingi permainan kata yang indah dan memikat…
Kalimat
simpulan esai sastra yang tepat adalah…
A. Jelaslah, bahwa awal kepenyairaannya Taufiq Ismail
terlibat langsung dengan peristiwa sejarah dan pada periode berikutnya a terlibat
melalui perasaan dan pikirannya.
B. Jadi, Taufiq menggunakan metode penciptaan puisi yang
sama pada dua periode kepenyairannya.
C. Jadi, secara garis besar perkembangan kepenyairannya
Taufik Ismail dapat dibagi ke dalam tiga periode
D. Jelaslah, bahwa Taufikq Ismail sangat memperhatikan
pemakaian bahasa dalam setiap karyanya.
E. Jelaslah, bahasa yang digunakan Taufiq Ismail sangat
membantu pembaca memahami puisinya sehingga karnyanya tergolong komunikatif.
UN
2015
50.
Cermati penjelasan berikut!
Penyair meletuo-letup, juju dalam mengungkapkan realita kehidupan.Akan
tetapi, kejujuran itu pantulan untuk orang lain semata, seperti dalam puisi
MAJOI karya Taufiq Ismail.Jujur saja apakah pengarang sudah mengumpulkan
fakta?Bagaimana kalau kata ganti “aku” dalam puisi digunakan “kita”agar lenih factual.
Kalimat
kritik yang sesuai dengna isi penjelasan tersebut adalah…
A. Tidaklah mudah menciptakan karya sastra bernilai dan
bermutu.
B. Dalam puisi MAJOI, Taufiq Ismail sebaiknya menggunakan
kata ganti “kita”
C. Seorang penyair memang harus berani mengungkapkan
fakta kehidupan.
D. Ungkapan sindiran dalam sebuah karya puisi dirasakan
paling tepat.
E. Puisi MAJOI salah satu puisi pemberani untuk
mengungkapkan fakta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar